Kurangi Resiko Bencana, Desa Lebang Menjadi Desa Tangguh Bencana

Lebang – Demi menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam menanggulangi bencana alam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Enrekang membentuk desa tangguh bencana di tiga wilayah terpisah, Rabu (29/08/2018).

Ketiga desa tersebut, yakni Desa Lebang di Kecamatan Cendana, Desa Kadingeh di Kecamatan Baraka, dan Desa Palakka di Kecamatan Maiwa.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Enrekang, Eka Febriansyah mengatakan, tujuan lain pembentukan desa tangguh bencana tersebut terlebih kepada pemberdayaan sumber daya alam (SDA) dalam mengurangi tingkat resiko bencana.

“Kita bina kelompok penanggulangan bencana di desa, dan harapan kita tentunya resiko terjadinya banyak kehilangan keluarga dan harta bisa diminimalisir,” akunya , Rabu (29/08/2018).

Untuk itu, di tahun anggaran berikutnya, seluruh pemerintah desa diharap mengusulkan anggaran tak terduga untuk bisa dipergunakan sewaktu-waktu jika terjadi bencana di wilayah tersebut.

Sementara itu, Kepala BPBD Enrekang, Benny Mansjur berharap agar pemerintah desa terkait bersama masyarakatnya bisa lebih waspada dan mengetahui langkah yang ditempuh saat terjadinya bencana.

Apalagi kata dia, kegiatan yang dikerjasamakan dengan Dinas Sosial (Dinsos) Enrekang pihaknya memberikan materi tentang penanggulangan bencana.

“Tentunya materi yang mendasar bagaimana pemerintah desa dan masyarakat mampu bekerja bersama dalam mengambil langkah awal saat desa mereka dilanda bencana. Demi menimalisir angka kerugian dari dampak bencana. Seperti ketiga desa yang telah dibentuk, memang berada di tepi sungai dan pegunungan,” jelasnya.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *